Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Dengan Media Benda-Benda Terdekat Pada Pelajaran Matematika Siswa kelas V MI Darul Hikmah Sukawangi Tanjungkerta Kabupaten Sumedang
Keywords:
Kemampuan Menghitung Perkalian, Media Benda-Benda Terdekat pada Pelajaran Matematika, Siswa Kelas VAbstract
Rendahnya penguasaan kemampuan menghitung perkalian dalam pe,belajaran tersebut dikarenakan kurang tepatnya model pembelajaran dan media yang digunakannya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas V MI Darul Hikmah Sukawangi , dengan menggunakan media benda-benda terdekat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action reseach) yang dilakukan di MI Darul Hikmah Sukawangi Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang pada kelas V dengan jumlah siswa 19 anak yang terdiri atas 9 siswa putra dan 10 siswa putri. Pembelajaran hitung perkalian dengan menggunakan media benda-benda terdekat dilaksanakan dengan urutan: (1) apersepsi yang dapat berupa pertanyaan untuk membawa siswa menuju materi atau pertanyaan penjajagan materi,(2) permainan jari, yang dalam hal ini pada siklus pertama dengan permainan lompat jari dan siklus kedua dengan permainan perkalian jari. (3) penerapan permainan pada perkalian, (4) kerja kelompok, dan (5) evaluasi. Pembelajaran hitung perkalian pada pelajaran matematika dengan menggunakan media benda-benda terdekat meningkatkan aktivitas pembelajaran, mempertinggi interaksi antar siswa dan keja sama kelompok, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap perkalian dan pembagian sehingga kemampuan hitung siswa semakin tinggi. Pembelajaran matematika dengan media benda-benda terdekat memacu keberanian siswa sehingga dengan sendirinya rasa minder dan takut bagi siswa tertentu akan hilang, memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaraan, sehingga pembelajaran semakin hidup, dan memberikan kebebasan pada siswa untuk berkreasi dalam menyelesaikan tugas kelompok
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.