Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IXA SMPN 1 Astanajapura
Keywords:
Hasil belajar, kognitif, afektif, psikomotorik, STADAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada siswa kelas IX A SMPN 1 Astanajapura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 1 Astanajapura yang berjumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 sampai 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, soal, lembar instrumen unjuk kerja, dan catatan lapangan. Aspek yang diteliti meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siklus 1 telah dilakukan tindakan. Terlihat adanya peningkatan motivasi dan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Akan tetapi dalam siklus 1 ini hasil yang dicapai kurang maksimal. Meskipun sebagian besar siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 namun masih ada beberapa siswa yang kurang memahami alur pembelajaran dan belum terbiasa dengan kondisi belajar kelompok. Oleh karena itu tindakan dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus 2 sudah tercipta situasi pembelajaran menyenangkan yang mengarah pada model pembelajaran STAD. Selain itu semua siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan. (2) Hasil belajar siswa dari siklus ke siklus secara keseluruhan mengalami peningkatan dari rata-rata kelas sebelumya adalah 70,7. Pada siklus I ,meningkat menjadi 78 dan pada siklus II naik menjadi 83,19. Secara keseluruhan proses kemajuan kelompok dapat dilihat peningkatannya sebesar 8,6 % yaitu dari 74,5 pada siklus I naik menjadi 84,1 pada siklus II.