Upaya Peningkatan Kreativitas Pembelajaran Inovatif Guru Mata Pelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Kelas Berkelanjutan Di SMPN 2 Lemahabang Kabupaten Cirebon
Keywords:
Kreativitas Guru, Pembelajaran yang Inovatif, Supervisi berkelanjutanAbstract
Dalam menghadapi tantangan, SMPN 2 Lemahabang berusaha meningkatkan kualitas lulusannya melalui peningkatan kreativitas Guru. Di SMPN 2 Lemahabang memiliki 712 siswa dengan 32 guru pengajar. Berdasarkan survey pendahuluan di SMPN 2 Lemahabang diketahui bahwa guru di SMPN 2 Lemahabang masih mengunakan cara konfensional dalam mengajar sehingga diperlukan bimbingan agar guru dapat lebih kreatif dalam mengajar. Kenyataan ini mendorong keinginan penulis untuk mengungkapkan lebih lanjut tentang Upaya Peningkatan Kreatifitas Guru dalam mengajar melalui bimbingan berkelanjutan di SMPN 2 Lemahabang. Pengertian guru kemudian menjadi semakin luas, tidak hanya terbatas dalam kegiatan keilmuan yang bersifat kecerdasan spiritual (spiritualintelligence) dan kecerdasan intelektual (intellectual intelligence), tetapi jugamenyangkut kecerdasankinestetik jasmaniah (bodily kinesthetic), seperti guru tari, guru olah raga, guru senam dan guru musik. Dengan demikian, guru dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya terkait denganupaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian Tindakan Sekolah dilaksanakan SMPN 2 Lemahabang Pemilihan sekolah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam proses belajar mengajar, karena peneliti merupakan Kepala Sekolah sebagai Menejerial di Sekolah SMPN 2 Lemahabang. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kreativitasguru dalam proses belajar mengajar. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kreatifitas guru dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata indikato rkreatifitas guru sebesar 50% dan pada siklus II 90%. Jadi, terjadi peningkatan 40% dari siklus I.