Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Transformator Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Di SMP Negeri 2 Lemahabang Kabupaten Cirebon
Keywords:
Pembelajaran kreatif, Aktivitas siswa, Hasil belajar, Model Kooperatif, Problem SolvingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa Kelas IX.A SMP Negeri 2 Lemahabang Kabupaten Cirebon semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Problem Solving. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui Model Kooperatif Problem Solving menggunakan tiga siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IX.A SMP Negri 2 Lemahabang Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam penggunaan Model Kooperatif Problem Solving mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada Materi Pokok Transformator yaitu rata-rata keaktifan siswa pada siklus I (42,14%) dikategorikan kurang aktif pada siklus II (47,86%) mengalami kenaikan meskipun dalam kategori sama yaitu kurang aktif dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan kategori aktif (71,43%). Penggunaan Model Kooperatif Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi pokok Transformator. Prosentase Ketuntasan klasikal kelas IX.A pada siklus I dikategorikan belum tercapai (62,25 %) pada siklus II mengalami peningkatan Prosentase Ketuntasan klasikal kelas IX.A dengan kategori belum tercapai (72,25%) sedangkan pada siklus III Prosentase Ketuntasan klasikal kelas IX.A mengalami kenaikan (82,25%) dengan kategoei tercapai.