Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Pada Hewan Melalui Model Kooperatif Type Talking Stick Pada Siswa Kelas VI Di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang

Authors

  • Wawan Kuswara MI Gandasoli Tanjungkerta Sumedang

Keywords:

Ciri Khusus Pada Hewan, Hasil Belajar, Model Kooperatif , TTS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI MI Gandasoli  pada pelajaran IPA materi Ciri-ciri khusus pada hewan masih rendah sehingga penggunaan model kooperatif dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam membelajarkan  IPA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa Kelas VI di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang dan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan pada siswa kelas VI di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemampuan  Guru  selama  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan model  Talking  Stick  pada konsep  materi  ciri-ciri  khusus  yang dimiliki hewan,  Siklus  I  sudah  mencapai  rata-rata 69,38 atau   58,33%  dan  Siklus  II mengalami peningkatan menjadi 86,25 atau 91,67% dengan kategori baik sekali.Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada konsep materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan, pada Siklus I sudah mencapai kategori baik sekali 88% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 94% dengan kategori baik sekali.Adanya  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dengan  menggunakan  model Talking  Stick  pada  pembelajaran  materi  ciri-ciri  khusus  yang  dimiliki hewan  di  kelas  VI.  Peningkatan  tersebut  terjadi  pada  siklus   I rata-rata 69,38 (58,33 %) ,Sedangkan pada Siklus II rata-rata 86,25 atau (91,67%), dengan kategori Sangat Baik.

Downloads

Published

04-01-2024

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Pada Hewan Melalui Model Kooperatif Type Talking Stick Pada Siswa Kelas VI Di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah, 1(2), 42-51. https://jurnalilmiah.rumahrisetinovasi.id/index.php/jips/article/view/8

Most read articles by the same author(s)