Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Pada Hewan Melalui Model Kooperatif Type Talking Stick Pada Siswa Kelas VI Di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang
Keywords:
Ciri Khusus Pada Hewan, Hasil Belajar, Model Kooperatif , TTSAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI MI Gandasoli pada pelajaran IPA materi Ciri-ciri khusus pada hewan masih rendah sehingga penggunaan model kooperatif dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam membelajarkan IPA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa Kelas VI di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang dan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan pada siswa kelas VI di MI Gandasoli Kabupaten Sumedang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemampuan Guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada konsep materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan, Siklus I sudah mencapai rata-rata 69,38 atau 58,33% dan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,25 atau 91,67% dengan kategori baik sekali.Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada konsep materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan, pada Siklus I sudah mencapai kategori baik sekali 88% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 94% dengan kategori baik sekali.Adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada pembelajaran materi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan di kelas VI. Peningkatan tersebut terjadi pada siklus I rata-rata 69,38 (58,33 %) ,Sedangkan pada Siklus II rata-rata 86,25 atau (91,67%), dengan kategori Sangat Baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.