Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Materi Energi Pada Siswa Kelas VIIA SMPN 1 Cigandamekar Kabupaten Kuningan
Keywords:
model, pembelajaran, aktivitas kinerja, grup investigasiAbstract
Penelitian tindakan kelas di kelas yang VII A di SMPN 1 Cigandamekar Kabupaten Kuningan dengan berdasarkan data di atas. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar adalah model pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan hasil penelitian dan obesrvasi, serta analisis data yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran group Investigation untuk pokok pembahasan Energi siswa kelas VII A SMPN 1 Cigandamekar Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains-fisika. Analisis peningkatan aktivitas siswa diperoleh jumlah siswa yang bekerja dalam kelompok berdasarkan petunjuk LKS, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan, dan membuat laporan. Peningkatan aktivitas dapat terlihat dari nilai rata-rata siklus I sebesar 42,5 %, di siklus II 62.5 % dan siklus III 84,7 %. Dan peningkatan aktivitas kinerja kelompok diperoleh dari menyiapkan, melaksanakan, kerjasama, mengakhiri percobaan serta menyusun laporan sementara kelompok. Peningakatan aktivitas kinerja kelompok siklus I ke siklus II meningkat rata-rata 20 % dan siklus II ke siklus III meningkat 22,2 % dengan rata-rata pada siklu III. Analisis hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil evaluasi setelah dilaksankan tindakan yang dilakukan setiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belahar pada siklus I 52,7 %, siklus II 78 %, dan siklus III siswa yang tuntas mencapai 97,1 %.