Upaya Peningkatan Hasil Belajar PENJASORKES Dengan Model Permainan Unit 4-2 Sepakbola Pada Siswa XII TKPI Putra SMKN 1 Mundu Kabupaten Cirebon
Keywords:
Model Permainan, Unit 4-2 Sepakbola, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan yang merupakan kegiatan mencermati objek penelitian suatu kelompok orang yang mengorganisasi suatu kondisi, sehingga mereka dapat mempelajari pengalaman tersebut. Dalam penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Mundu di kelas XII.TKPI, peneliti melakukan dua kali siklus yang sebelumnya sudah direncanakan sebelum melakukan penelitian. Hasil penilaian rata - rata kelas siklus I dan siklus II pada aspek kognitif yaitu 68,7 dan 77,4. Pada aspek afektif diperoleh 72,8 dan 77,4. Pada aspek psikomotor diperoleh 65,1 dan 83,6. Untuk hasil prosentase rata - rata kelas siklus I dan siklus II pada aspek kognitif yaitu 69% dan 77%. Pada aspek afektif diperoleh 73% dan 77%. Pada aspek psikomotor diperoleh 65% dan 84%. Dari hasil pengamatan yang diperoleh bahwa prosentase kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siswa SMK Negeri 1 Mundu setelah diberikan pembelajaran sepakbola melalui permainnan unit 4 – 2 terjadi peningkatan. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Penelitian pembelajaran sepakbola dalam penjasorkes melalui permainan unit 4 – 2 dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada siswa, 2) Untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa SMK Negeri 1 Mundu telah meningkat setelah diberikan pembelajaran sepakbola melalui permainan unit 4 – 2 dengan menganalisis lembar pengamatan yang telah disusun sedemikian rupa sehingga mengacu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Karena telah mengalami peningkatan dan terdapat pengaruh positif pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa, maka telah memenuhi semua kriteria pembelajaran efektif.